LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI PUSAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Lngan industri


LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI
PUSAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
JL. RE Martadinata KM 15,5,Ciputat, kotaTangerangselatan ,Banten15411












Disusun oleh :

Nama : AGA GUSTI H
No Absen : 01
Kelas    : XII RPL 1


SMK MUHAMMADIYAH 04 BOYOLALI TAHUN 2019

















LEMBAR PENGESAHAN

Laporan ini telah diperiksa dan disetujui pada tanggal2019




Siswa                                                                                                      Wali kelas


AGA GUSTI H                                                                                          Isti Hidayati.SPd                                                                                                                                                      Nis.-                                                                                                                   Nip.-         

                                                               
                                                                    Mengetahui                   
                                                                    Kapro



                                                                    Agus Purwadi.ST
                                                                    Nip.-







KATA PENGANTAR
Puji syukur selalu saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yangtelah melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga laporan kunjungan industriini dapat diselesaikan.
Sholawat serta salam semoga tercurahkan kepada NabiMuhammad SAW. Serta kepada para sahabatnya dan kepada seluruh umatnya.  dan saya menyadari bahwa dalam penyusunan laporan kunjungan industri masih banyak kekurangan.
Dengan ini saya menyadari bahwa Laporan ini tidak akan tersusun dengan baik tanpa adanya bantuan dari pihak  pihak terkait oleh karena itu pada kesempatan ini tidak lupa juga saya mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang membantu saya dalam kegiatan Kunjungan Industri maupun dalam penyusunan laporan ini.
Ucapan terima kasih yang sebesar besarnya saya sampaikan kepada  :
Bapak Alif Agus Sutesno selaku Kepala Sekolah Smk Muhammadiyah 04 Boyolali
Pemimpin perusahaan Pustekkom
Bapak Agus Purwadi selaku ketua program keahlian Rekayasa Prangkat Lunak
Pembimbing Kunjungan Industri di perusahaan Pustekkom
Ibu Isti Hidayati selaku Wali Kelas XII RPL1
Bapak Shirot Amin selaku pembimbing kami dalam pembuatan Laporan Kunjungan Industri
Kepada kedua orang tua kami yang telah mendoakan kami
Semua rekan  rekan yang telah membantu dalam pembuatan Laporan Kunjungan Industri ini
Saya menyadari bahwa Laporan ini masih jauh dalam kesempurnaan, oleh karena itu kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan demi kesempurnaan Laporan ini.
Akhir kata, saya mohon maaf  yang sebesar  besarnya apabila dalam penyusunan Laporan terdapat banyak kesalahan. Semoga laporan ini dapat bermanfaat khususnya bagi penulis Laporan ini dan pada umumnya bagi para pembaca.
                                                                                    Boyolali 28 Juli 2019
DAFTAR ISI

Lembar Pengesahan 1
Kata Pengantar  2
Daftar Isi 3

BAB I Pendahuluan
Latar Belakang Kunjungan Industri.. 4
Tujuan Kunjungan Industri 4
Manfaat Kunjungan Industri 4

BAB II Isi
Isi Laporan 5

BAB III Penutup
Penutup 14
Lampiran foto 15






















BAB I PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
  Latar belakang diadakanya kunjungan industri ini agar siswa mengenal dunia kerja. Selain itu siswa dapat mengetahui lebih jauh tentang cara kerja, kedisiplinan, tata tertib kerja , mesin  mesin industri yang lebih memadai, dll.
Siswa juga diharapkan tidak menganggap kunjungan industri sebagi rekreasi, tapi menganggap kunjungan industri sebagai sarana belajar dengan cara mendatangi industri secara langsung, dan melihat urutan  urutan proses kerja di industri tersebut.
Kunjungan industri dipilih untuk menambah pengalaman siswa tentang dunia kerja. Siswa dituntut untuk aktif menggali informasi tentang kunjungan industri untuk memperoleh pengetahuan tentang dunia industri. Kunjungan industri dilakukan untuk memberikan gambaran kepada siswa tentang industri dan proses produksi di bidang bisnis dan managemen. Siswa harus membandingkan proses produksi di dunia kerja dengan ilmu yang diperoleh di sekolah. Siswa diwajibkan membuat laporan atas informasi yang di peroleh selama kunjungan industri tentang perusahaan yang bersangkutan.
B.      Tujuan Kunjungan Industri
Tujuan dari kegiatan kunjungan Industri ini adalah untuk mengenalkan
siswa SMK MUHAMMADIYAH 04 BOYOLALI pada Dunia Industri.
C.     Manfaat Kunjungan Industri
Ada beberapa tujuan diadakannya kunjungan industri bagi siswa sebagai berikut:
1.      Memperluas pengatahuan siswa dalam lingkungan dunia kerja.
2.      Mendorong siswa agar mempunyai minat bekerja di perusahaan.
3.      Memberi informasi tentang cara kerja dan tenaga kerja perusahaan.
D.    Waktu Pelaksanaan Kunjungan Industri
      23  26 Juli 2019

BAB II KEGIATAN KUNJUNGAN INDUSTRI
Profile
Pustekkom di dirikan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 1978 tertanggal 31 Agustus 1978 dan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 0145/O/1979 tertanggal 30 Juni 1979 yang diperbaharui dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 0222g/O/1980. Dan kini Pustekkom mengelola JARDIKNAS yaitu Jaringan Pendidikan Nasional, yang menjadi Jembatan Informasi Digital Dunia Pendidikan
Pustekkom adalah salah satu unit kerja atau lembaga di lingkungan Departemen Pendidikan Nasional. Model kegiatan pembelajaran berikutnya yang dikembangkan Pustekkom adalah yang memanfaatkan media internet. Melalui website yang dikembangkan Pustekkom,  berbagai materi pelajaran dapat diakses oleh peserta didik atau masyarakat luas pada umumnya. Tidak hanya materi pelajaran yang tersedia, tetapi tersedia juga informasi tentang kebijakan pendidikan, pengetahuan ilmiah populer, pokok-pokok materi pelajaran, bimbingan belajar online, dan bank soal.
Latar belakang berdirinya Pustekkom
Strategi pembelajaran yang diterapkan di SMP biasa (konvensional) adalah sepenuhnya bersifat tatap muka. Sedangkan di SMP Terbuka, strategi pembelajaran yang diterapkan bersifat belajar mandiri. Hanya sebagian kecil saja waktu belajar peserta didik yang digunakan untuk belajar secara tatap muka dengan guru mata pelajaran (tutorial tatap muka). Sebagian besar dari waktu kegiatan belajar mandiri dilaksanakan pada sore hari (pukul 14.00-16.00) di gedung SD atau di tempat lain yang mudah dijangkau oleh para peserta didik di bawah bimbingan atau supervisi tutor (guru pamong).
Guru Pamong tidak berkualifikasi mengajar di SMP karena tugas mereka bukanlah untuk mengajar tetapi hanya mengelola kegiatan pembelajaran dan mengarahkan peserta didik untuk belajar optimal. Yang menjadi Guru Pamong pada umumnya adalah guru-guru dan Kepala Sekolah SD. Dewasa ini, SMP Terbuka dijadikan sebagai salah satu pola pendidikan Wajib Belajar 9 Tahun.
Model pendidikan Sekolah Menengah tingkat Pertama Terbuka (SMP Terbuka) diusulkan sebagai alternatif pemecahan masalah yang bersifat inovatif untuk mengatasi ledakan lulusan SD yang dihasilkan sebagai dampak dari penerapan kebijakan pembangunan SD secara besar-besaran (SD Inpres) sehingga di dirikan lah Pustekkom.
Pustekkom merupakan salah satu pusat yang berada langsung di bawah Sekretariat Jenderal Departemen Pendidikan Nasional sesuai dengan Permendiknas No. 23 Tahun 2005 tentang Organisasi dan Tata Kerja Pusat-pusat di lingkungan Departemen Pendidikan Nasional.
Visi :
Lembaga unggulan pada bidang teknologi informasi dan komunikasi pendidikan (Center of excellence on information and communication technology for education).
Misi :
~ Memecahkan masalah-masalah pendidikan melalui pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi.
~ Meningkatkan kualitas SDM melalui pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi.
Tugas
Sebagai sebuah lembaga yang langsung berada di bawah Menteri Pendidikan Nasional, Pustekkom bertugas melaksanakan, mengkoordinasikan dan membina kegiatan di bidang teknologi informasi dan komunikasi pendidikan berdasarkan kebijakan yang ditetapkan Menteri.
Fungsi
~ merumuskan kebijakan teknis di bidang pengembangan dan pembinaan pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk pendidikan jarak jauh/terbuka;
~ mengembangkan system dan model pembelajaran melalui pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk pendidikan jarak jauh/terbuka, termasuk pelayanan konsultasi;
~ mengembangkan program media untuk semua jalur, jenis, dan jenjang pendidikan termasuk pelayanan konsultasi.
FASILITAS
Untuk mendukung pelaksanaan tugasnya Pustekkom dilengkapi dengan sejumlah fasilitas, antara lain; ruang presentasi, ruang training, studio radio, studio televisi, studio multimedia, dan perpustakaan media/pusat sumber belajar (PSB).
PRODUK
Setelah lebih dari 25 tahun berkiprah dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi, sudah banyak yang dihasilkan oleh Pustekkom, baik berupa model dan sistem pembelajaran maupun media pembelajaran yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi antara lain:
* TVE (Televisi Edukasi)
* EdukasiNet
* Bimbel Online
* Radio Edukasi
* KiHajar
* Multimedia Interaktif
* PSB
* Pelatihan Pengembangan Pemanfaatan TIK
* Model Pembelajaran Diklat Bahasa Inggris
* Program S1 PGSD Jarak Jauh
* Media Terintegrasi Bahasa inggris di SMP
Televisi Edukasi
~ TVE adalah Televisi yang mengkhususkan pada siaran pendidikan. Motto : Santun dan Mencerdaskan
Program yang ditayangkan meliputi :

- Pendidikan Formal (SD sampai Perguruan Tinggi)
- Pendidikan Informal (Seni, Olahraga, Budaya, Keterampilan, Agama, Kesehatan, Budi Pekerti, Pertanian, Peternakan, dll)
- Pendidikan Non Formal (Program Paket A, Paket B, Paket C, dll)
- Informasi kebijakan Depdiknas
E-dukasi.net
~ E-dukasi.Net adalah portal pendidikan yang menyediakan bahan belajar dan fasilitas komunikasi antar komunitas pendidikan.
~ Portal ini berisi bahan belajar, wahana aktivitas komunitas dan info pendidikan.
Manfaat portal e-dukasi.net antara lain:
- Sumber belajar dan informasi pendidikan
- Sarana komunikas serta kolaborasi antar komunitas; dan Wahana berbagi informasi.
Radio Edukasi
~ Radio Edukasi adalah radio yang bergerak di bidang pendidikan.
~ Merupakan layanan Siar Pendidikan berskala nasional.
Bimbingan Belajar Online (Bimbel Online)
Bimbingan Belajar Online adalah salah satu layanan e-dukasi.net dengan cara menyediakan latihan dan bimbingan belajar yang dapat di akses melalui internet dan intranet, dan diasuh oleh tutor yang kompeten untuk membantu siswa menyiapkan diri menghadapi ujian.
Kuis KiHajar
Program Kuis unggulan dari Televisi Edukasi (TVE) yang bertujuan untuk menjaring siswa/i SMP yang bertalenta terutama dari daerah terpencil, dan sekaligus untuk lebih memperkenalkan atau mensosialisasikan TVE kepada pemirsanya. Khususnya siswa SMP, sehingga TVE menjadi bagian kehidupan mereka.
Multimedia Interaktif
\Suatu program pembelajaran yang merupakan kombinasi berbagai media secara harmonis dan terintegrasi sehingga menghasilkan program pembelajaran yang sinergi untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu.
Program ini disajikan dalam bentuk CD/Offline
Pusat Sumber Belajar
Suatu unit dalam suatu lembaga (khususnya sekolah/universitas) yang berperan mendorong efektifitas serta optimalisasi proses pembelajaran melalui penyelenggaraan berbagai fungsi yang meliputi fungsi layanan (layanan sumber belajar, pelatihan, konsultansi pembelajaran), fungsi pengadaan/pengembangan, fungsi penelitian dan pengembangan.
Pengembangan SDM Bidang TIK untuk Pendidikan
Pelatihan yang bertujuan untuk menghasilkan Guru yang dapat memanfaatkan TIK dalam proses belajar mengajar dan dapat mengembangkan Bahan ajar berbasis TIK
Pendidikan dan Pelatihan Bahasa Inggris Guru SD Sistem Jarak Jauk
~ Diklat Bahasa Inggris Guru SD sistem jarak Jauh adalah suatu Diklat bahasa Inggris yang diikuti oleh Guru SD dilakukan secara jarak jauh dengan memanfaatkan berbagai media komunikasi.
~ Bahan ajar Diklat ini dikembangkan dan dikemas dalam bentuk modul dilengkapi dengan media audio dan video yang dapat digunakan peserta didik untuk belajar mandiri.

Pendayagunaan ICT Menunjang Program S1 PGSD Sistem Jarak Jauh
Program S1 PGSD Jarak jauh adalah penyelenggaraan program pendidikan yang bertujuan untuk mencetak para guru/calon guru agar memiliki kualifikasi pendidikan formal pada jenjang S1/D IV Jurusan Pendidikan Guru dengan menggunakan Sistem pendidikan jarak jauh dimana terjadi keterpisahan antara pendidik dengan peserta didik.
Media Audio Interaktif di SD
Suatu model pembelajaran dengan menggunakan media audio, dimana siswa seolah-olah dapat berinteraksi dengan media tersebut. Dilengkapi dengan bahan cetak berupa buku petunjuk pemanfaatan untuk guru, bahan penyerta untuk siswa, LKS dan lembar tes, sehingga terjadi timbal balik (interaktif) antara media dengan siswa
Pemanfaatan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Terintegrsi di SMP
Pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan media yang terintegrasi antara media cetak (modul) dengan media audio. Pemanfaatannya dilaksanakan secara terintegrasi, artinya keduanya terjadi saling ketergantungan antara yang satu dengan yang lainnya.
Layanan
Pustekkom memberikan layanan antara lain:
~ Pengembangan sistem instruksional.
~Pengembangan media pembelajaran (Audio, Video, Cetak, Audio visual, Web, dan Multimedia).
~ Pengembangan bahan belajar mandiri.
~ Perancangan dan pengelolaan sistem pendidikan jarak jauh/terbuka.
~ Kunjungan studi banding dan konsultasi
~ Membantu kemudahan akses internet secara merata dengan Jardiknas

Jaringan Kerjasama
Pustekkom membina kerjasama dengan berbagai pihak baik dalam maupun luar negeri, antara lain melalui IDLN (Indonesian Distance Learning Network), SEAMEO SEAMOLEC (Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Open Learning Center), dan GDENet (Global Distance Education Network)
Penghargaan
Di antara produk-produk tersebut telah memperoleh penghargaan antara lain:
Piala Citra dan Piala Widya dari Festival Film Indonesia (FFI), Piala Vidya dari Festival Sinetron Indonesia (FSI), Japan Prize dari Festival Film Asia Pasifik (APFP) dan International TV Program Festival Paris.
Struktur Organisasi Perusahaan





Laporan Kunjungan Industri
Pelaksanaan Kegiatan
            Kunjungan Industri SMK Muhammadiyah 04 Boyolali di laksanakan pada tanggal 23  26 Juli 2019 di Bandung tepatnya di Jl. RE Martadinata KM. 15.5,Cipayung,Ciputat,Kota Tangerang selatan dengan perincian sebagai berikut :
Hari / Tanggal
Waktu
Kegiatan

23 Juli 2019
12:30  12:45
Kumpul di halaman sekolah


12:45  13:00
Brifing seluruh peserta di halaman sekolah


13:00  13:05
Pembagian snack oleh guru pendamping

24 Juli 2019
13:10  02:55
Perjalanan menuju penginapan


02:55  03:10
Istirahat di penginapan


05:10  06:10
Sarapan pagi di penginapan


06:10  09:25
Perjalanan PUSTEKKOM


09:30  11:30
Acara inti PUSTEKKOM


11:30  11:45
Selesai


15:00  20:00
Di cibaduyut


20:00-00:30
Perjalanan ke Hotel
Serena

25 Juli 2019
01:00-06:00
Istirahat di hotel


06:00-07:00
Makan di hotel


07:00-10:00
Perjalanan ke Floting Market


10:00-13:00
Belanja / bermain di Floting market


13:00-00:00
Perjalanan pulang dan makan di Rest Area

26 Juli 2019
02:30
Sampai di SMK Muhammadiyah 04 Boyolali















BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan
setelah saya melakukan kunjungan industri sayamendapat pengalaman baru tentang industri, lebih mengerti dunia kerja industri, dapat membandingkan ilmu yang diperoleh di sekolah dengan dunia kerja industri. Observasi yang dilakukan secara nyata dan langsung pengembangan atas tugas yang diemban oleh siswa yang pada akhirnya sebagai bekal untuk tekun terjun di masyarakat ataupun di dunia kerja.


segala puji bagi allah yang maha pengasih dan maha penyayang.Dengan laporan ini bisa memberikan ilmu yang lebih. sehingga saya dapat menyelesaikan laporan ini. apabila ada banyak kesalahan dalam pengetikan saya mohon maaf, karena saya hanya seperti manusia biasa seperti yang lainnya.demikian yang dapat saya laporkan. sekian
WASSALAMU'ALAIKUM WR.WB










B. Lampiran




































Komentar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perintah Select Bertingkat/Subquery

Tutorial Membuat Aplikasi Android Sederhana di Android Studio

Normalisasi